Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Trik WhatsApp Terbaru, Banyak Orang Gak Tahu

Aplikasi WhatsApp ini ternyata menyimpan banyak rahasia yang mungkin belum kita ketahui. Semenjak kemunculan centang biru tanda pesan telah terbaca, WhatsApp yang sekarang ternyata memiliki fitur-fitur baru yang sangat menarik untuk kita ketahui.

Langsung saja kita mulai dari yang pertama :

1. Cara menghilangkan centang biru pada WhatsApp

Jujur saja, sebagian dari kita pasti pernah mengalami hal yang namanya dianggap sombong gara-gara tidak segera membalas pesan dari WhatsApp yang sudah kita baca. Padahal, belum tentu kita sedang pada posisi yang longgar sehingga bisa dengan segera membalas pesan tersebut. Misalnya saja, kita sedang ada pada posisi meeting ataupun sedang menyetir di jalan. Dan  faktanya, si pengirim pesan (umumnya pacar-red) tidak mau tahu apa alasan kita tidak segera membalas pesan mereka.

Sejak kehadirannya, centang biru ini memang membuat dunia seakan berubah. Karena kita tidak seleluasa sebelumnya yang bisa mengatur waktu yang tepat untuk membalas pesan tersebut. Namun kini, kita bisa mengatur untuk menghilangkan warna biru pada double-ticks tanda pesan telah terbaca pada WhatsApp.

Cara menghilangkan centang warna biru pada aplikasi WhatsApp adalah masuk ke bagian menu Setting -> Account -> Privacy kemudian hilangkan centang pada pilihan Read Receipts tersebut.

Setidaknya dunia terselamatkan bagi anda yang super sibuk, bukan?

2. Cara mengetahui kapan pesan anda dibaca dan oleh siapa

Cara ini adalah kontra dari tips sebelumnya yaitu nomor 1. Ya, baik pada pesan pribadi maupun grup, anda bisa dengan mudah mengetahui kapan pesan anda terkirim dan kapan pesan anda dibaca.

Sangat mudah untuk mengetahuinya, cukup tap dan tahan beberapa saat pesan anda yang ingin anda ketahui detail informasinya, kemudian tekan tombol info yang muncul di atas.

Mengetahui waktu pesan anda dibaca, Maka anda akan tahu kapan pesan anda terkirim dan dibaca. Dan bagi yang suka bermain dengan WhatsApp Group, anda dengan mudah tahu siapa saja teman anda yang suka silent reader.

3. Cara menyembunyikan Last Seen, Profile Photo dan Status WhatsApp

Cara menyembunyikan status last seen atau online WhatsApp adalah salah satu cara yang paling banyak dicari penduduk dunia. Alasannya? iya, seperti pada trik nomor 1, anda bisa saja ketahuan tidak membaca pesan yang terkirim ke WhatsApp anda.

“Last Seen jam sekian tapi pesanku kok gak dibalas sih!!”  Barangkali anda sendiri sudah sering mendengarnya bukan?  Disisi lain, menyembunyikan last seen WhatsApp dapat membuat ketenangan buat anda. Begitu pula untuk Profile Photo dan Status, anda pun juga bisa menyembunyikannya atau memilih kepada siapa saja profile WhatsApp anda dapat dilihat.

Cara menyembunyikan Last Seen WhatsApp, Caranya mudah, masuk ke bagian Setting -> Account -> Privacy. Disitu akan muncul sebuah pengaturan untuk Last Seen, Profile Photo dan Status yang bisa kita pilih kepada siapa saja yang dapat dilihat baik ke semua orang, kontak anda saja atau bahkan tidak kepada siapapun juga.

Khusus untuk profile photo ini, anda bisa gunakan untuk melindungi diri anda jika anda berada atau join pada sebuah Group yang Besar dan yang belum semuanya anda kenal. Dan  sayangnya, tidak ada pengaturan untuk menyembunyikan nomor handphone anda!

Oh iya jika anda sering membuka aplikasi WhatsApp melalui Web dan ingin menyembunyikan Last Seen, Status Online atau juga tanda pesan terbaca anda bisa memasang plugin ShutApp di browser anda. Dengan begitu ShutApp diaktifkan, anda dapat membaca pesan di WhatsApp Web tanpa mengirimkan kalau bahwa pesan tersebut telah terbaca.

4. Cara mematikan notifikasi Group WhatsApp

Hampir sebagian besar pengguna WhatsApp ini pasti mengikuti Group menurut komunitasnya. Jika hanya sedang mengikuti sedikit grup yang banyak ‘diam’ mungkin tidak terlalu bermasalah. Namun bagaimana jika anda sedang mengikuti banyak Group yang berisi banyak anggota yang ‘cerewet dan bawel’. Barangkali kita sering terganggu dengan notifikasi atau bahkan mengumpat ketika tengah malam anda terbangun hanya karena notifikasi Group dari WhatsApp yang dipakai untuk bercanda dengan isi yang kurang penting atau tidak penting sama sekali?

Dan ada beberapa cara untuk dapat mematikan notifikasi Group WhatsApp, cara yang pertama adalah tekan grup yang akan di-‘mute’ atau akan dimatikan notifikasi-nya kemudian pilih Group Info.

Cara menonaktifkan notifikasi Group

Akan terdapat pengaturan Mute yang bisa anda sesuaikan waktunya mulai dari 8 jam, 1 hari sampai 1 tahun! Tenang yang hilang hanya notifikasi-nya saja kok, jadi anda tidak akan ketinggalan info-info dari Group-Gropu WhatsApp yang anda ikuti.

Cara yang kedua adalah mematikan notifikasi ke semua Group WhatsApp secara bersamaan. Jika menurut anda Group WhatsApp anda tidak memiliki prioritas yang tinggi, anda bisa menggunakan cara ini. Caranya masuk ke bagian Setting -> Notifications. Anda dapat mengatur vibrate, popup notifikasi percakapan grup dan nada notifikasi,. Pilih tone ke silent dan vibrate ke off untuk mematikan notifikasi ke Group WhatsApp secara keseluruhan.

Dan Cara yang ketiga adalah cara alternatif. Keluarlah dari semua Group yang anda ikuti dan mulailah tidur nyenyak di setiap malam haha

5. Membuat Shortcut pada Conversations WhatsApp

Jika seseorang terlalu sering berinteraksi dengan anda melalui WhatsApp, tidak ada salahnya untuk membuat shortcut pada homescreen anda. Sehingga anda tidak perlu membuka  dan menutup WhatsApp untuk menulis pesan pada orang yang anda pilih. Cocok untuk menjadikan kontak Suami dan Istri, Pacar atau keluarga anda yang rutin menggunakan WhatsApp dengan anda tentunya!

Cara membuatnya sangat mudah sekali, tap dan tahan percakapan kalian, kemudian pilih Add Chat Shortcut.

Percakapan yang anda pilih akan langsung memiliki shortcut pada layar utama smartphone anda!

6. Cara mengetahui lokasi teman chat-mu

Anda seringkali tertipu oleh kebohongan massal, OTW bukan? Seringkali teman berkata sudah On the way tapi masih berguling-guling di kasur, atau bahkan anda sendiri yang sering melakukannya? haha

WhatsApp juga memberikan fitur baru Share Locations untuk mengetahui lokasi dimana anda sedang berada. Ada satu trik untuk mengetahui kebohongan teman anda pada saat memberi lokasi, jika yang muncul adalah maps dengan pin merah menancap di lokasi, berarti teman anda benar-benar menggunakan lokasi GPS aslinya. Namun apabila yang terkirim adalah sebuah maps dengan gambar jalan yang terdapat pin merah tepat pada jalan raya tersebut, patut anda curigai bahwa teman anda sedang menulis secara manual lokasi tempat dia berada, yang artinya bisa jadi dia berbohong.

WhatsApp Share Locations ini sebenarnya sangat cocok untuk kita yang sedang mempunyai janji di sebuah tempat baru yang belum pernah kita kunjungi sama sekali.

7. Membuat Broadcast privat

Terkadang kita memerlukan pesan berantai kepada kontak-kontak tertentu yang kita punya baik itu untuk urusan pekerjaan ataupun urusan sosial lainnya. Untuk membuat broadcast privat kepada orang-orang tertentu caranya tinggal tap menu pada pojok kanan atas, kemudian pilih New Broadcast. Setelah itu, tekan tombol add lalu pilih kontak sahabat atau teman yang akan anda berikan pesan berantai.

Tentu cara ini lebih privat daripada mengirim pesan berantai ke semua kontak anda bukan?

8. Membuat Custom Notifications

Tidak semua Group yang kita punya hanya untuk bersenang-senang saja. Di era modern seperti ini, perusahaan pun membuat Group WhatsApp sebagai media komunikasi. Nah, jika anda punya sebuah Group WhatsApp yang menurut anda worth, anda bisa menggunakan custom notifications ini untuk membedakan notifikasi dengan Group atau Chat yang lain.

Cara membuat custom notifications di WhatsApp adalah tap group lalu pilih Group Info. Pada pengaturan Custom Notifications anda bisa mengatur sendiri notifikasi yang anda mau. Ini juga berlaku pada kontak tertentu. Caranya buka profile WhatsApp yang bersangkutan lalu pilih bagian menu Custom Notifications.

9. Membuat Backup Conversations WhatsApp

Takut kehilangan percakapan yang sangat berharga? Tenang, WhatsApp sudah menyediakan fitur untuk mem-backup semua percakapan anda.

Cara membuat Backup Conversations sangat mudah, cukup tap dan tahan percakapan yang ingin anda backup. Manfaatkan menu bagian Email Conversations untuk mengirim percakapan anda melalui email dan menyimpannya di email.

Anda punya pilihan untuk dapat menyertakan media atau tidak.

10. Membuat WhatsApp tidak mendownload media secara otomatis

Punya kuota tapi terbatas dan belum gajian? Salah setting WhatsApp bisa membuat kuota anda cepat terkuras habis loh.. Salah satu cara menghemat kuota melalui WhatsApp adalah mengubah pengaturan auto-download pada WhatsApp tersebut.

Cara membuat WhatsApp tidak mendownload otomatis adalah dengan masuk ke bagian menu setting -> Chat and Calls. Pilih menu Media Auto-Download kemudian atur sesuka hati anda. Misalnya auto-download hanya bekerja ketika anda sedang terkoneksi pada wifi.

Jika auto-download ini dimatikan, anda masih bisa mendownload suara atau video dan gambar yang dikirim ke WhatsApp anda secara manual.

11. Mengganti sementara nomor WhatsApp ketika sedang bepergian

Sedang berada di luar negeri atau sedang piknik ke daerah yang belum tercover oleh provider anda? WhatsApp ini memberikan kemudahan dengan fitur baru Change Number. Fitur ini dapat digunakan ketika anda menggunakan kartu SIM baru tanpa harus mendaftarkan nomor baru ke pihak WhatsApp. 

Jika mendaftarkan nomor baru ini, anda tidak akan dikenali oleh teman-teman anda, namun dengan fitur Change Number ini, semua kontak anda tetap dapat mengirim pesan ke nomor lama anda meskipun pada saat bersamaan anda menggunakan nomor baru.

Caranya pilih bagian menu setting -> Account -> Change Number -> Masukkan nomor lama dan nomor baru yang akan anda gunakan.

Posting Komentar untuk "11 Tips Trik WhatsApp Terbaru, Banyak Orang Gak Tahu"